traveling dengan pesawat

Tiket Pesawat Mahal! Bagaimana Dampaknya Terhadap Kunjungan Wisata?

Target kunjungan wisatawan nusantara dari tahun ke tahun selalu memenuhi target. Tapi khusus untuk tahun 2019 saya agak meragukannya. Harga tiket pesawat mahal cukup menjadi alasan pesimistis ini.

Pesimis

Pesimis dengan kunjungan wisatawan nusantara ini sebenarnya bisa tidak terjadi jika KEMENPAR atau daerah-daerah tujuan wisata mampu memberikan dorongan atau mampu membuat sebuah daya tarik yang sekiranya sulit untuk ditolak para traveller.

Penyebab yang membuat saya pesimis untuk tahun ini salah satunya adalah jumlah long weekend yang lebih sedikit ketimbang tahun 2018. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akhir pekan yang panjang dimanfaatkan para orang tua untuk mengajak anak-anaknya pergi liburan. Sebab di hari kerja mereka sibuk dengan rutinitas kantor, dan anak-anak pun bersekolah.

Optimis

Salah satu masalah dalam meningkatkan kunjungan wisata adalah akses jalan dan konektivitas. Dengan beroperasinya tol dari jakarta sampai jogja bahkan tembus ke surabaya maka hal ini harusnya mampu mereduksi defisit kunjungan wisatawan nusantara.

Moda transportasi udara tidak lagi mendominasi kunjungan wisata di dalam pulau jawa, karena konektivitas dari jakarta ke provinsi dan kabupaten kota di pulau jawa sudah mudah dijangkau.

Pesawat masih tetap akan jadi yang utama bagi pebisnis dan ekesutif yang waktu liburannya sangat pendek. Umumnya para menengah atas liburan 2-3 hari dalam sebulan. Transportasi darat tentu bukan pilihan mereka. Time is money adalah sesuatu yang mutlak bagi kalangan ini.

Menilik dari optimisme ini. Tahun 2019, kunjungan wisatawan nusantara akan terkoreksi. Baik secara transportasi dan kualitas traveller.

Backpacker akan meningkat dan lebih banyak di sekitaran pulau jawa saja. Tujuan utamanya masih Jogja, Magelang dan Malang. Di Magelang ada Borobudur, di Malang ada batu dengan banyak pilihan artificial tourism(destination).

Daerah Tujuan Wisata di Luar Pulau Jawa Bagaimana?


Nah, diluar pulau jawa seperti Bali dan Lombok masih akan menjadi pioner Indonesia baik untuk WISMAN maupun WISNUS. Khusus untuk WISNUS, pemerintah daerah harus menyiapkan strategi yang baik. Sebab kunjungan wisatan ke luar pulau jawa sangat mengandalkan transportasi udara.

Daerah asal traveller dari tahun ke tahun masih didominasi dari pulau jawa baik itu jakarta maupun surabaya. Jika harga tiket pesawat mahal, maka bisa ditebak ujungnya. Traveller bakalan memindahkan tujuan mereka ke sekitar pulau jawa saja dengan pilihan moda transportasi yang lebih banyak.

Pemerintah daerah harus bisa membuat program yang benar-benar menarik yang sekiranya sulit untuk ditolak oleh para pelancong. Baca tips mendapat tiket pesawat murah disini

Leave a Reply