Siapun Presidennya, Tahun 2021 Pariwisata Indonesia Positif Meningkat

Hirup pikuk politik yang terjadi sekarang ini (2019) tidak akan terlalu mempengaruhi perkembangan pariwisata nasional untuk tahuan 2021. Hal ini karena kantong pariwisata lewat sport tourism yang diwakili gelaran MotoGP di Lombok, Nusa Tenggara Barat akan meningkat pesat.

Selama 5 tahun terakhir acara olahraga paling besar yang digelar Indonesia hanyalah Asian Games. Selebihnya, event kecil seperti tour de singkarak, tour de ijen, tour de flores, DLL.

Menilik data dari UNWTO sport tourism di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain maka kita salah satu yang tercepat pertumbuhannya. Growth 6% per tahun dan memotong kue 25% dari total penerimaan industri perjalanan dan pariwisata. Jika MotoGP 2021 berjalan maka angka ini akan meningkat pesat.

Lombok Akan berkembang 3x lebih cepat

Focus pembangunan pariwisata sebelumnya berpusat senggigi dan sekitarya. Sejak bandara Internasional Lombok yang di Praya beroperasi, focus berpindah ke daerah selatan lombok tengah, terlebih kawasan ini merupakan kawasan ekonomi khusus (KEIK) Mandalika.

Adanya KEIK mampu meningkatkan minat investor untuk membangun sarana pariwisata disana. Hal ini cukup mudah dilihat, begitu sampai di seger, terlihat bangunan besar PULL MAN Hotel sedang dalam tahap pembangunan.

Beberapa alasan utama kenapa Lombok akan berkembang lebih cepat adalah :

  1. Jumlah kunjungan pariwisata meningkat pesat khususnya tahun 2021, 2022, 2023
  2. Kawasan Ekonomi Khusus
  3. Rebounce paska bencana besar gempa Lombok tahun 2018
  4. Skill Sumberdaya manusia dibidang pariwisata meningkat karena berkembangnya Sekolah dan perguruan tinggi untuk pariwisata.
  5. Infrastruktur yang sudah memadai
  6. Keamanan sudah lebih baik karena issue utama selama ini adalah masalah keamanan. DLL

Meski prediksi ini positif, bukan berarti tidak ada hal yang mengkhawatirkan. Karena sektor pariwisata ditentukan dari banyak hal. Tapi issue utama pariwisata nasional adalah:

  1. Infrastruktur
  2. Kesiapan masyarakat
  3. Keamanan

Khusus untuk Lombok, 3 kendala ini sangat perlu penanganan segera terutama terkait keamanan. Karena MotoGP akan dilaksanakan didaerah selatan dan selama ini terkenal sebagai daerah yang rawan meski belakangan sudah cukup kondusif tapi tetap perlu penanganan serius.

Bersambung….!!!

Leave a Reply