Milky Way di Pantai Bale Kambang, Malang

Hunting milky way di pantai balekambang cenderung lebih mudah dijalani ketimbang pantai yang lain karena di areal ini tersedia penginapan mulai dari harga Rp 150.000 sampai Rp 300.000. Kelas penginapan yang tersedia adalah homestay dengan fasilitas kamar mandi dalam atau kamar mandi luar. Pilihan tergantung selera, tapi mesti diingat jika tujuannya adalah hunting photo maka sebaiknya yang biasa saja toh kegiatan lebih banyak diluar kamar ketimbang didalam.

Bagi yang tinggal di kota Malang sebenarnya tidak sampai perlu menginap sebab jam 19:00 sampai jam 22:00 milky way sudah tampak dilangit. Bisa langsung pulang, sejauh ini saya lebih sering pulang ketimbang menginap karena biasanya saya hunting bersama anak-anak usia 1,5 tahun dan 3 tahun serta istri. Begitu jam 19:00 anak-anak sudah rewel minta pulang karena sangat gelap dilokasi.

Waktu yang Tepat untuk Hunting Milky Way

Aplikasi stelarium

Hindari tanggal 13-18 kalender hijriah karena ketika itu pancaran cahaya bulan terlalu terang sehingga cahaya milky way jadi tidak begitu jelas. Hindari pula jika akan terjadi hujan dan langit dipenuhi awan.

Sebelum hunting biasanya saya memanfaatkan aplikasi stelarium untuk memeriksa pada jam berapa milky way akan tampak dan serta posisinya dengan horison saat itu.

Stelarium bisa didownload https://stellarium.org/ untuk windows 64 bit bisa langsung klik disini. Stelarium tersedia untuk windows, linux mac. Versi mobile pun ada, hanya saja berbayar

Alat Yang Diperlukan Untuk Photography Milky Way

Karena sebagian besar photo milky way menggunakan speed yang rendah maka pastikan anda membawa tripod yang kokoh, apalagi di pantai yang cenderung anginnya bertiup cukup kencang termasuk di malam hari. Saya sendiri membawa detail alat sebagai berikut:

  1. Kamera sony a7ii
  2. Tripod merek manfrotto
  3. ND filter merek haida
  4. GND filter merek haida
  5. Senter
  6. Lensa wide 16-35mm carl zeiss, sony 50mm

Cara Memotret Milky Way

Karena ini bukan tutorial maka saya tidak akan membahasnya terlalu detail tapi semoga dapat gambaran dari exif photo yang saya ambil. Klik galery gambar diatas kemudian scroll down untuk melihat exif-nya.

Leave a Reply