komodo fight

Harga Tiket Masuk TN Komodo Setara Harga Laptop

Adalah Viktor Laiskodat, Gubernur NTT, yang keras kepala itu. Sering berkomentar kontroversi itu. Ia mengemukakan ide bahwa harga tiket masuk ke TN Komodo USD $500 untuk wisatawan asing dan $100 untuk wisatawan lokal. 

Sembari viktor bicara dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Rahman. Sang Gubernur minta tolong agar pesannya disampaikan ke Mentri kalau usulannya ini jangan di lawan.

Keras kepala bukan?

Sekiranya saya jadi pak Viktor pun akan melakukan hal yang sama. Karena tujuan dibalik ditingkatkannya harga tiket masuk ini adalah demi menjaga kelestarian komodo itu sendiri, mengingat jumlahnnya terbatas. Statusnya terancam punah, hanya ada di disitu saja. 

Harga Tiket Masuk TN Komodo 2019

500 Dollar Amerika

Setali tiga uang dengan pak viktor. Komodo memang perlu dijaga, dilestarikan. Jumlah orang yang datang harus dibatasi agar jangan sampai seperti kasus sebelumnya, pulau padar kebakaran karena ulah pengunjung yang menyalakan kembang api disaat rerumputan kering kerontang.

Salah satu solusi demi melestarikan komodo memang bisa lewat peningkatan tarif masuk. Seperti yang diusulkan pak Gubernur. Karena dengan demikian jumlah kunjungan bisa menurun tapi kualitas pengunjung bisa meningkat.

Tarif masuknya untuk 2019 sekira Rp 7,250,000 untuk bule dan Rp 1,450,000 untuk wisatawan lokal.  

Orang Miskin Tidak Boleh ke TN Komodo

Landscape Pulau Padar

Yang bilang orang miskin tidak boleh ke TN Komodo hanya saya. Ini saya plesetkan dari ucapan pak Gubernur seperti kutipan berikut.

Di Komodo kita nggak tertarik orang miskin yang datang

Yang dimaksud pak Viktor mungkin agar ekonomi didaerah pariwisata tersebut meningkat, dan jika pengunjung yang datang notabene tidak bawa uang maka hanya akan menyisakan masalah saja. Namun jika berduit, tentu ekonomi bisa hidup karena pengunjung tadi akan membelanjakan uangnya disitu.

Kali ini saya dukung 1000 % pak Viktor. Saya tau dia keras kepala. Tapi kali ini keras kepalanya cukup bagus dan pikirannya cukup maju. Meski beberapa ucapannya yang kontroversi pada bulan agustus tahun lalu hampir menimbulkan perang saudara.

Bravo Komodo….

Leave a Reply