banyu anjlok

Banyu Anjlok, Air Terjun Yang Jatuh ke Pantai

Banyu Anjlok, pantai di Malang yang sebenarnya bukan pantai. Nah, bingung kan. Konon yang disebut banyu anjlok itu adalah jatuhnya air terjun yang ke pantai.

Uniknya terletak pada air terjun tersebut, meski debit air yang jatuh tidak banyak tapi hal semacam ini jarang terjadi. Apalagi perpaduan air tawar dan air laut.

Perjalanan dari kota Malang menuju pantai lenggoksono yang merupakan titik awal penyebrangan memakan waktu sekira 3 jam lebih. Di daerah pinggiran kabupaten Malang aspal jalan kurang begitu bagus namun masih cukup layak untuk dilalui.

Untuk mencapai banyu anjlok dari lenggoksono, kami menggunakan perahu nelayan yang disewakan sekira Rp 50,000/orang. Katanya sih bisa lewat darat juga, tapi medannya cukup sulit. Disamping itu, kami terlebih dahulu ke pantai bolubolu yang sama-sama ditempuh menggunakan perahu tadi.

Bolubolu dan banyu anjlok jaraknya relatif dekat, sekira 10 menit menggunakan perahu. Bak kata pepatah “sekali dayung 2, 3 pulau terlampaui” bedanya sekarang “sekali dayung 3 pantai terlampui”

Banyak cerita beredar dikalangan traveler kalau kawasan 3 pantai yaitu lenggaksono, bolubolu dan banyu anjlok adalah raja ampat-nya kabupaten Malang.

Nextime saya mau camping di pantai bolu-bolu tapi nunggu partner yang mau dan berani camping disana, mengingat camping disana jadi akan terasing dari peradaban 😀

Leave a Reply