air terjun bantimurung

Air Terjun Bantimurung di Makassar

Taman Nasional Bantimurung sebenarnya berada di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan tapi masyarakat luas diluar sulawesi selatan mengenalnya berada di Makassar. Maklum saja kota Makassar lebih dikenal. Hal ini mirip seperti bandara cengkareng yang berada di provinsi banten tapi masyarakat Indonesia secara luas mengira berada di Jakarta. Bandara Juanda di Surabaya juga sebenarnya berada di Sidoarjo.

Ketika saya berkungjung ke Bantimurung langit sudah hampir gelap dan sore itu disertai gerimis, namun demikian karena tekad sudah bulat untuk mengunjunginya maka kami tetap saja masuk kedalam areal Banti Murung.

Saya kira sudah sangat sepi dan tidak akan ada orang. Ternyata didalam masih ada beberapa orang. Memang tidak semuanya pengunjung, tapi cukup membuat suasana makin tentram dan aman.

Beberapa pengunjung mandi sambil meyelam dengan cara yang aneh, seperti sedang mencari sesuatu. Saya bertanya ke teman Asraf, teman asli Makassar yang menemani saya waktu itu “Asraf, ini orang sedang ngapain sih?” Asraf menimpali seolah-olah dia tau isi hati saya “Sedang mencari sesuatu mas”. Jawabannya cukup meyakinkan, tapi maksud kami datang kemari adalah untuk melihat keindahan banti murung, jadi sejenak kami hiraukan saja orang yang mandi tersebut, meski sesekali dia mencipratkan air ke arah kamera yang sedang mengambil photo long exposure.

air terjun bantimurung
air terjun bantimurung

Didalam areal banti murung sudah ada penginapan. Katanya sih sering dipakai buat rapat kerja baik perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Hal tersebut memang sangat mendukung karena cuaca di Bantimurung cukup dingin.

Jangan datang dihari libur anak sekolah karena Banti Murung adalah tujuan favorit untuk liburan keluarga baik warga Makassar maupun warga kabupaten Maros. Jadi, bisa dipastikan kalau hari libur bakalan penuh sesak.

Sungai kecil di bantimurung
Sungai kecil di bantimurung

Buat traveler yang dari luar Makassar, untuk menjangkau BantiMurung cukup mudah, saya lihat banyak angkot yang parkir dan juga menurut informasi dari Asraf, bahwa BantiMurung dilalui jalur angkot. Jadi teman traveller tidak perlu sewa mobil atau motor untuk kemari. Untuk jenis angkot dan berapa ongkosnya, saya belum tau. Nanti saya update informasinya setelah saya tau. Atau komentar saja di kolom komentar dibawah jika ingin tau biar saya minta teman-teman dari Makassar bisa menjelaskan langsung.

Oh ya, kalau mau download preset ligthroom yang saya pakai untuk edit photo dalam galery diatas, bisa download disini

Leave a Reply